NcsTaxi.com | 10 Daftar Tarian Khas Yang Berasal Dari Kalimantan Barat


Macam - Macam Kesenian Tradisional Yang Berasal Dari Kalimantan

Praktis Bagi Yang Tidak Mau Repot Gunakan Saja Ncs Taxi
Kesenian tari salah satu kebudayaan yang bisa dibilang paling beragam, dari dahulu hingga sekarang Kesenian tari Taksi SungaiDuri Jungkat Sambas selalu Ncs Taxi : Layanan Jasa Antar Jemput Penumpang Taxi Reguler Bandara Pelabuhan Pontianak Pinyuh Mempawah Singkawang Selakau Pemangkat Semparuk Tebas Sambas Samalantan Bengkayang. Melayani : Carter Mobil Dalam Kota & Luar Kota, Sewa Mobil Plus Driver, Pembelian Tiket Pesawat, Pengiriman Paket memberikan warna pada kebudayaan di Indonesia, tanpa terkecuali kebudayaan Para masyarakat yang berada di kalimantan barat. Kalimantan barat mempunyai ciri khas tarian yang Beragam, sama halnya seperti kota - kota lain yang berada di Indonesia, kalimantan barat ini Ditempati dengan 3suku yaitu Tiong Hoa, Dayak, dan Melayu ini adalah suku yang pertama Bersandar provinsi ini. Dengan berjalannya waktu sekarang sudah banyak suku lain yang tinggal 

Tidak Akan Membuat Anda Malu Dan Bisa Bergaya Tentunya Bersama Ncs Taxi
Disini, seperti Jawa, Madura, Bugis, Sunda, Batak, Minang Kabau, dan masih ada beberapa lagi. Macam - macam suku bangsa Taksi SungaiDuri Pontianak Pemangkat yang berada di provinsi ini, ternyata memberikan Ncs Taxi : Jadwal Keberangkatan Setiap Harinya Dimulai Dari Jam 02.00 Pagi s/d 22.00 Malam (Setiap Jam Berangkat)
 warna yang luar Biasa dalam menciptakan kesenian tari yang khas dan tradisional di kalimantan barat ini, disini ada Beberapa tarian khas dari suku dayak dan juga beberapa tarian memberikan nuansa kebudayaan Melayu. Disisi lain banyak budaya khas dari suku lain juga yang turut berpartisipasi memeriahkan, Ada 10 jenis tarian khas dan tradisional populer yang berasal dari kalimantan barat ini, apa aja ya? 

Yang pertama ada Tari Temuai Datai. 
Kesenian dari Tari Temuai Datai adalah tarian tradisional yang khas kalimantan barat, khas dari Suku Dayak Iban, nama ini diambil Taksi SungaiDuri Bandara Singkawang dari Ncs Taxi Armada : Sienta, Veloz, Grand New Avanza, All New Ertiga, Great New Xenia, Calya, Sigra, Agya, Ayla, Dll bahasa dayak Mualang. Tarian Temuai Datai menggambarkan Rasa syukur kepada sang pencipta alam semesta dan juga kehadiran para tamu di kalimantan barat, Sesuai dengan nama yang tercantum pada nama tari ini. Kesenian dari Tari Temuai Datai berperan Guna menyambut para tamu yang datang, kesenian tarian ini di populerkan sebagai tari penyambutan Tamu kenegaraan, dan juga digunakan pada saat para wisata berkunjung ke desa Dayak Mualang. Kesenian tari yang satu ini sangat keramat dan mempunyai ikatan erat pada suku dayak mualang Suka sekali berperang. 

Kenapa Harus Pilih Ncs Taxi? Karena Harganya Murah Dan Pas Di Dompet Kita  
Yang kedua ada Tari Monong.
Nama Tari Monong, atau yang lebih dikenal dengan nama Tari Manang, Dan juga, Tari Balian, Adalah sebuah tarian khas dari suku dayak di kalimantan barat yang berperan sebagai tari Penyembuhan, Salah satu tarian dari suku dayak yang keramat pada saat upacara doa adat Bemanang Maupun Balian, pada upacara adat ini mempunyai tujuan guna menghilangkan pengaruh dari roh Jahat yang mengakibatkan orang menjadi sakit, sial, dan juga meninggal dunia. Sementara di dalam Tari Monong si penari berperan bagai dukun yang membacakan mantra dengan menggunakan Bahasa Dayak. Tari ini disuguhkan pada si penari tadi yang berperan sebagai dukun, tari ini berguna sebagai Tolak Bala, Penyembuhan, menggobati orang yang sedang sakit. 

Yang ketiga ada Tari Kinyah Uut Danum.
Banyaknya para pendatang yang berdatangan ke kalimantan barat, Para Puku Dayak lebih memlih Tinggal di pedalaman untuk mempertahankan kebudayaan, karena suku dayak yang terpecah dan Membuat kelompok sendiri - sendiri, dari sini keragaman yang ada sering terjadi perang sesama Suku Dayak. Lalu pada akhirnya munculah Tari Perang ini, munculnya tari perang yang berada di Kalimantan barat ini digunakan sebagai simbol kekuatan pria dari suku dayak yang siap selalu untuk Berperang. Selain tari perang mualang kalimantan barat, terdapat Tari Kinyah Uut Danum, pada Tari Kinyah Uut Danum para penari harus mempunyai kelincahan dan kewaspadaan. Karena suku Uud Danum lincah dan waspada pada saat melawan musuh, ini bisa dibilang tarian yang cukup sulit Kecuali para penari yang sudah terlatih, karena dalam tari ini cukup berbahaya dengan menggunakan Pakaian adat, tameng, dan juga mandau asli yang sangat tajam. 

Yang Keempat ada Tari Pingan (Pinggang).
Sebuah kesenian tari dari suku dayak kalimantan barat yang dimiliki suku dayak mualang yaitu Tari Pingan. Salah satu tari tradisional yang dibawa dari jaman dulu yang mempunyai ikatan erat dan Menggambarkan kelulusan ilmu bela diri yang tradisional dari suku dayak mualang, dan seiring Waktu yang berjalan tari pingan digunakan sebagai salah satu hiburan rakyat. Tari Pingan yaitu Sebuah tarian yang menggunakan piring, arti pingan dalam bahasa indonesia adalah piring yang di Buat dari batu dan juga tanah liat. Hubungan nya dalam sebuah ritual bela diri tradisional suku dayak Bisa kalian lihat pada gerakan - gerakan pada tari ini. 

Yang kelima ada Tari Bopureh.
Kesenian dari Tari Bopureh menceritakan kisah cinta yang terhalang adat, kisah cinta dari sesorang Pemuda dari suku dayak jangkang bersama seseorang wanita dari suku dayak kanayan. Kedua Pasangan ini tidak bisa melakukan apa - apa, lantaran itu sebuah pantangan masyarakat dari suku Dayak tidak boleh menikah dengan orang diluar kelompoknya. Tari Bopureh yang mengartikan Sebuah silsilah adat, Tarian ini biasa dilakukan bersama 10 orang dan 2 orang penari menjadi Pemeran utama yang berperan sebagai sepasang kekasih, lalu 8 penari lainnya sebagai pelengkat pada Saat memasuki bagian pertengahan cerita, 8 penari akan membuat sebuah lingkaran bersama penari Pria di tengahnya sebagai ikon dari Tari Bopureh ini. 

Yang keenam ada Tari Jepin.
Kesenian dari Tari Jepin yang berada di kalimantan barat adalah sebuah tarian tradisional yang khas Dari suku Melayu, arti kata jepin pada masyarakat yang berada di kalimantan barat adalah tarian Zapin. Bentuk kesenian yang begitu erat ikatanya dengan penyebaran agam islam, yang Menggambarkan agama islam sangatlah kuat bisa dilihat dalam kesenian Tari Jepin ini. Pada sejarah Dahulu, kesenian tari hanya ada di sambas saja lalu menyebar luas dengan sangat baik di kota - kota Kalimantan barat, dan berkembang juga dikota - kota lain di Indonesia. 

Yang ketujuh ada Tari Jonggan.
Tari Jonggan sebuah tarian tradisional dari masyarakat suku dayak kanayatn kalimantan barat, salah Tarian yang digunakan sebagai hiburan rakyat yang menggambarkan cerita suka cita dan kebahagiaan Pemuda pemudi dari suku dayak kanayant. Arti kata jonggan dalam bahasa indonesia nya yaitu joget Sedangkan arti kata Bajonggan yaitu berjoget. Sebuah kesenian tradisional yang dimiliki suku dayak Kanayatn yang ada samapai sekarang, tari jonggan disajikan secara berpasang pasangan dalam tari Yang satu ini ada 3 tahap gerakan yang dibagi 3 tahap dalam pementasan nya. 

Yang kedelapan ada Tari Kondan.
Tari Kondan sebuah kesenian yang dimiliki suku dayak pompakng, awal mula tari kondon adalah tari Upacara panen raya padi yang menggambarkan rasa syukur dan kegembiraan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu tarian yang satu ini mempunyai gerakan yang cukup lincah diwarnai Kegembiraan dan juga nyayian semacam pantun yang dilakukan secara bergantian. Sajian tari ini di Iringi bersama alat musik dari suku dayak, semacam gamelan, kanong, dan juga ketebung. 

Yang kesembilan ada Tari Ayun Pala.
Tari Ayun Pala salah satu tarian yang dimiliki dari suku Dayak Mualang kalimantan barat, tarian ini Disajikan hanya dengan satu orang, diberikan sesudah para kesatria mualang dan mengayau. Yang Artinya yaitu pulang dengan membawa pulang kepala musuh menjadi bukti kemenangan, kepala Yang dihasilkan dari mengkayau lalu disambut bersama dengan penari wanita. Tarian ini Menggambarkan penyambutan kepala musuh yang dibawa.

Yang kesepuluh ada Tari Menoreh Getah
Kesenian dari Tari menjadi sebuah tarian tradisional milik masyarakat kalimantan barat, sama seperti Namanya tarian ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat kalimantan sehari - harinya guna Melangkapi kebutuhan dengan cara menoreh getah karet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NcsTaxi.com | Liburan Aman Dan Nyaman

NcsTaxi.com | Jalan-jalan Pintar Di Kalimantan Barat

NcsTaxi.com | Traveling Bareng Yuk